Skip to main content

Confession of a Games Addict

Work hard, play hard. Itulah salah satu motto hidup gw. Ada saatnya untuk bekerja, ad saatnya untuk bermain. Segala sesuatunya ad waktunya. Ketika kamu sedang bekerja, lakukanlah sebaik mungkin yang kamu bsa, jangan bekerja main-main. Begitupun juga ketika kamu bermain, bermainlah dengan benar. Jangan bekerja sambil bermain dan jangan bermain sambil bekerja.
Gunakan waktu hidupmu sebaik mungkin.

Saya mengenal internet pertama kali ketika saya SD kelas 5, dan game online pertama yang saya mainkan adalah Ragnarok atau yang sering disebut dengan RO.  Seingat saya dulu saya bermain di server fenrir dan melawan porring yang berbentuk jelly bulet-bulet warna pink. Kemudian berlanjut dengan Xian online, saya tidak begitu ingat dengan game yang satu ini karena tidak begitu populer dan tidak begitu lama memainkannya. Lalu ad juga gunbound.

Berlanjut ketika saya SMP, saya mulai mengenal game DOTA(Defense of The Ancient) atau World of Warcraft dan CS (Counter Strike) dari teman-teman sekolah saya. Ada juga game Seal online dimana saya memilih menjadi Knight dan Mage. Serta ada juga Rose Online dimana barang yang paling berharga ada Mythril Drill. Ada pula Perfect World atau PW, dimana saya memilih menjadi Lady fox dan Elf. Sempet juga dulu main RF (Rising Force) cuman game ini menurut saya pribadi agak terlalu maskulin banget gitu. gamenya graphicnya agak darkness gitu, tapi jujur keren. 

Lalu ada game dance yang bernama Idol street dan Audition AyoDance yang cukup populer pada saat saya SMP sampai pertengahan SMA. Serta ada juga game PB atau Point Blank, yang mainnya tembak-tembakan seperti CS, tapi online. Lalu ada game online karaoke yang bernama show time, jadi di dalam game itu kita nyanyi, game ini bagus dan ada beberapa teman saya yang cukup kecanduan main ini, tapi bagi saya, saya bener-bener gak bisa main game ini, karena saya gak bisa nyanyi. Untungnya saya gak bisa nyanyi jadi gak kecanduan main game ini. 



Contoh gambar penampakan RO yang jaman dulu pernah saya mainin. 



Kalo yang ini penampakan dari games Audition Ayodance yang sangat terkenal itu.



Yang ini pasti udah pada tau, Counter Strike atau CS, permainan sepanjang abad yang seru banget haha. Paling suka pake sniper atau machine gun.




Ini penampakan dari Mr, Kardel Sharpeye di game DOTA. Hero favorit nih. Selain Kardel ada juga si Enchantress yang jadi favorit. 



Ini sekilas penampakan RF Online yang gak terlalu dark banget. Graphicnya keren, cool, robot-robot banget sekilas.



Kalo yang ini penampakan game point blank. Game ini mirip sama CS tapi online. Kalo yang ini seru banget tapi akan jadi gak seru kalo baru main langsung ditembak mati. Jadi sepanjang permainan itu berjalan diem aj jadi spectator orang-orang sambil bantuin tim ngasih tau posisi lawan.





Ini penampakan wajahnya si Mr. Kardel Sharpeye, My Favourite Hero



Ini nih game yang dari masa ke masa juga, paling seneng main game ini kalo pas lagi hunt denger bunyi ruby atau diamond jatuh. Pet kelas atasnya di game ini Valkyrie kalo gak salah namanya. 




Kalo yang ini penampakan foto game Perfect World. Ini game jujur bagus graphicnya, asli keren. Cuman pas dulu main itu sepi banget. Jadi bikin ngantuk mainnya.



Ini mainan Rose seru banget juga. Pensiun main game ini gara-gara char di hack orang. 



Nah ini nih the latest game yang gak sengaja dimainin pas liburan kemarin, dan saya ketagihan main game yang satu ini. Featurenya bagus dan so far so good. 


Selain itu banyak game offline lainnya yang saya mainkan antara lain Dinner Dash, Zoo Tycoon, The Sims. Hotel Tycoon, Harvest Moon, belum lagi berbagai macam game facebook yang tidak dapat saya sebutkab satu per satu namanya serta game web lainnya yang saya mainkan seperti looklet, polyvore, dll.
Setelah saya berada di fase pertengahan SMA sampai kuliah di semester 6. Saya tobat bermain game berat. Saya hanya bermain game-game ringan. Sampai suatu hari di hari libur saya menemukan game Touch tanpa disengaja. Saya lagi buka facebook dan tiba-tiba ad game ini. Benar-benar saya tidak berniat untuk bermain game berat lagi. Kategori game berat yang saya maksud disini adalah game-game yang membuat saya berat untuk meninggalkannya alias bikin saya kecanduan dan ingin terus memainkannya.

Dulu ketika saya main game berat seperti RO, Seal, Rose, PW, PB, Audition, saya rela sampai tidak tidur alias begadang dari pagi ke pagi untuk memainkannya. Dan parahnya saya melakukannya lagi setelah saya bermain Touch. Game touch ini hampir sama intinya dengan audition ayodance, hanya saja banyak fitur tambahan dari Touch yang membuat game ini jauh lebih menarik.

Jujur saja, saya sudah mengantisipasi diri saya dari games addiction. Saya mencoba untuk cepat bosan dengan games. Pada awal bermain ketika rasa penasaran terhadap games masih sangat tinggi, saya memaksimalkan hal tersebut agar tidak merasa penasaran lagi dan berujung pada rasa bosan yang cepat.  Dan untuk games-games di android saat ini seperti Pou, My boo, flappy bird, serta games online yang terhubung dengan instant messaging seperti LINE, saya sengaja untuk tidak menginstallnya di gadget saya demi menghindari addiction
Pada jaman ini ketika kita semua sudah lebih mudah untuk mengakses game, apalagi kecanggihan teknologi masa kini yang sudah begitu pesat, kita cenderung tanpa disadari menjadi seorang games addict, entah apapun gamesnya dan bentuk kecanduannya.

Saya pernah membayangkan jika seandainya suatu ketika, lapangan bola menjadi sepi, taman bermain menjadi tidak berpenghuni. Semua anak-anak bermain dengan permainan  berteknologi tinggi. Pastinya peradaban kita akan berubah. Meski kita sama sama dapat berkomunikasi melalui berbagai kecanggihan teknologi, tapi tetap tidak akan menjadi sama seperti jika kita berkomunikasi secara langsung.

Games sendiri tidak selalu bermakna negatif. Segala sesuatunya tergantung bagaimana kita memcontrollnya. Yang perlu digaris bawahi disini adalah kendalikanlah diri kita masing-masing terhadap games, games memang kadang membuat kita merasa memiliki dunia kita sendiri yaitu dunia games itu, tapi jangan sampai terhanyut di dalamnya.

Lagi pula menurut saya pribadi, games terutama games online memberikan banyak pelajaran, diantaranya
  1. Pelajaran mengatur strategi (Kalo di semester 5 kemarin saya mendapatkan pelajaran management strategi, nah di games juga kita belajar strategi. Kita belajar strategi untuk memenangkan pertandingan. Saat one by one atau PVP atau battle ataupun pas hanya sekedar melawan momon-momon).
  2. Pelajaran berorganisasi (Kalo di SMA saya masuk OSIS, di kuliah ada Senat dan BEM, di games juga ada guild, dimana dalam guild ini kita harus bisa menjaga kerjasama tim agar bisa mengalahkan guild-guild lainnya).
  3. Pelajaran sosial (Kalo di kehidupan sehari-hari kita memiliki banyak teman baik itu teman sekolah, teman kampus atau teman-teman lainnya, di games kita harus juga punya teman soalnya kalo kita di games cuma main sendirian aja, menyendiri di balik pohon sambil nebas-nebasin momon demi melengkapi quest atau mission, langkah kita untuk cepat naik level akan lambat dan lama. Intinya baik itu di kehidupan nyata atau di dunia games, bersosialisasi itu penting karena kita sebagai manusia yang hakekatnya merupakan makhluk sosial tidak bisa hidup sendirian).  
  4. Pelajaran ekonomi (Dulu pas SMP-SMA ada pelajaran ekonomi, dan kebetulan saya mengambil kuliah di jurusan akuntansi, nah di games ini ilmu ekonomi juga dipelajarin banget, gimana enggak, tiap naik level ganti equipment, belum lagi ada barang-barang langka contoh ruby atau diamond di Seal online atau Mythrill Drill di Rose yang dibutuhin banget tapi barangnya jarang bisa didapetinnya, otomatis kita musti beli atau barter sama player lainnya. Dan harga dari barang-barang itu harus kita perhatikan banget jangan sampe ketipu, harus di cek dulu, gunakan kalkulasi yang benar. Oh ya pengalaman ini, dulu pas main Seal sama Rose kita bukan stand dagangan kita di pusat kota dan kita harus perhatiin banget nih, disana banyak banget player yang jualan, dan kita musti pinter-pinter milih barang, baca dulu specnya terus kalo bisa nego, negonya ya boleh afgan atau rosa lah namanya aj nego, hahaha).
  5. Pelajaran bahasa (Pelajaran bahasa yang biasanya kita pelajari di sekolah sampe di perguruan tinggi itu biasanya Mandarin, English, Indonesia. Nah kalo kita main di server internasional nih banyak manfaatnya, english kita bisa jadi lancar since English is the Universal language. oh ya sekarang ini banyak games dari negara tirai bambu, jadi di server internasionalnya itu banyak orang yang ngmg pake bahasa mandarin, ini big opportunity banget buat kita untuk coba ngomong sama mereka pake bahasa mandarin, kalo kita masih belum punya kesempatan untuk langsung pergi ke negaranya, ya berlatih dulu di games juga bisa).
  6. Pelajaran olah raga (Kalo yang ini nih banyak banget ya yang bilang kalo duduk berjam-jam di depan komputer bisa bikin kita bungkuk atau badannya jadi kaku-kaku, nah saya pribadi setiap beberapa jam sekali di depan komputer saya olah raga dan khususnya kalo lagi main audition atau touch yang gamesnya notabenenya games dance, saya mainnya sambil gerak-gerakin badan sesuai dengan musik dan avatar gamesnya. Kalo games yang kayak DOTA, Seal, Rose, PW dll, itu olah raganya terletak pada kelincahan tangan kita dalam menggunakan mouse dan keyboard secara bersamaan dan secara cepat, soalnya kalo gak cepet kalah nanti sama lawannya). 
  7. Pelajaran IT atau komputer (Ini yang bener-bener paling penting, seriusan gak pake bohong. Tanpa disadari ketika bermain games kita secara gak sadar jadi memiliki banyak pengetahuan tentang teknologi khususnya komputer. Contoh kecilnya aja short cut-short cut dalam main game yang biasanya sama dengan short cut-short cut bermain komputer biasa). 
  8. Pelajaran hidup (Pelajaran yang satu ini kayaknya pasti akan terus kita pelajari sampai menutup mata. Dan pelajaran hidup gak cuma kita dapatkan di kehidupan nyata tapi di game juga, untuk pelajaran yang satu ini gak bisa dijelasin kalo gak mencobanya sendiri).
Buktikanlah kalo games dapat memberimu banyak sisi positif daripada negatif. Maka itulah bermain yang benar, gunakan apapun yang ada dalam hidupmu untuk menjadi berguna bagi kehidupanmu.
Dan buktikan meski kamu seorang gamer sejati kamu bisa berprestasi di kehidupanmu serta memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang-orang real di hidupmu.
Aturlah waktumu sebaik mungkin antara, bekerja (belajar, melakukan segala aktivitas hidup, dll) dan bermain (main games, main di kehidupan nyata, bersosialisasi, dll).

Saya harap jika kalian semua para gamers sejati yang bisa bermain game dari pagi ke pagi, begadang dan seniat itu  tentunya kalian juga harus bisa melakukan hal yang sama untuk melakukan hal positif lainnya seperti bekerja, menyelesaikan tugas atau belajar.

Kalo yang tadinya quotes favorit saya Work Hard, Play Hard sekarang menjadi Play hard and work harder than you play. 
Khususnya untuk saya, kalo saya bisa main games seluar biasa niat, saya pasti juga harus bisa mengerjakan skripsi dan belajar untuk sidang komprehensif saya seluar biasa bahkan lebih luar biasa lagi dari itu, in the name of Jesus Christ Nothing is Impossible, amen.


Comments

Popular posts from this blog

Statement of Life Position

After so long time without any posting in my lovely blogspot, Now, I'm back. What I've been through for the recent period? Many things I've been deal with and thanks God I can do all of those things in YOUR guidance.  Due to my hectic program in master degree of Wijawiyata Manajemen (WM) in PPM Graduate school of management, I have been through many assignments, like grand paper, business case analysis, presentation, outing activities and many more, because in Wijawiyata program, it is teach me not only about hard skill but also soft skill. Really feel so grateful to become part of WM, especially WM batch 73. I've learnt so many things that words can't explain.  Start in 29 March 2015, the first day of the opening ceremony WM 73 and then in the next days we start the program, begin with the matriculation. The subjects who taught in the matriculation period are accounting and statistics. Since I've got those subjects during the bachelor degree, I

Chic Star 2013 by Chic Magazine (A Smart Magazine for Career Girls)

Hey ya my blog, this is my special post because Since long time ago I’ve never  write something about me and this is about the Important Experience in My Life and I will share it. This is about the precious moment in my life that Jesus gives me chance to become 1 of 10 finalists Chic Star 2013. Seriously for the first time I knew that I’ve been chosen as the finalist. I feel so Shocked, Surprised and Grateful. I still remember the moment that I knew it for the first time, it was Wednesday, 13 November 2013. I was doing my assignment at my college and then My Mom called me that there was a call from Chic Magazine on my Blackberry phone which is at home. So that I told Mom to said that I’m at college now and if there’s something to talk about I beg Mom to handle it for me, and My Mom said: “it couldn’t be like that, They told me that You must handle it by yourself.” And then I said: “How can? I didn’t bring that phone.” My mom said: ”I just give them this number so that they c

About Wikan

Name: Ida Bagus Wikan. Gender: Not a boy, not a girl too. ( I don't know exactly what it is). Age: 16. Status: Like both (male and female). Hobby: Sleeping (it is a sleepaholic like a buffalo). Favorite color: Pink, navy blue, magenta, purple, black, burgundy. Okay, I write about him because he coerce me to write about him, if i don't write about him in my blog, he will punish me, bite me, and punch me. How cruel he is.hahahha... In my opinion, he is a good friend for me, and the others, but something he did crazy thing. But it isn't weird anymore because i'm crazier than him. He likes to play barbie dolls when she was a young girl. I think, i must put his photo in this blog, so the readers of my blog can know his/her face. OK, i'm sorry ya wikan, because i posted your photograph and make your reputation rather complicated.hehehe..peace... if you want me to change this post, just tell me. hahahhaha(devil laugh) :P *He is a normal boy*